Pada
tahap ini siswa sudah mulai diperkenalkan pada rekursi yaitu pola. Namun, pola
tersebut masih sederhana dan hanya berupa angka saja belum berupa symbol.
Bentuk rekursi yang berupa symbol akan dipelajari di grade yang lebih tinggi.
Untuk
mengetahui bagian iterasi dan rekusi pada grade ini perhatikanlah gambar
berikut
Pola
segitiga diatas disebut iterasi. Siswa dapat menentukan iterasi selanjutnya
dengan melihat polanya. Karena siswa sudah mengetahui pola nya dari hasil
pengamatan mereka maka mereka dapat menentukan iterasi selanjutnya dengan
mencari rekursi nya.
Perhatikan tabel berikut:
Gambar
|
Jumlah lingkaran
|
Bentuk rekursif
|
|
1
|
1
|
3
|
3 = 1 + 2
|
|
6
|
5 = 1 + 2 + 3
|
|
10
|
10 = 1 + 2 + 3 + 4
|
Dan
jika ditanya berapa jumlah lingkaran selanjtnya maka siswa dapat langsung
mencari bentuk rekursifnya yaitu 1 + 2 + 3 + 4 + 5 = 15. Dan siswa dapat
mengetahui iterasi-iterasi selanjutnya
Referensi:
DeBellis, V. A., Rosenstein, J. G.,
Hart, E. W. & Kenney, M. J. (2009). Navigating
through discrete mathematics in Prekindergarten – Grade 5. Reston, VA: The
National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
0 komentar:
Posting Komentar