LEMBAR
AKTIVITAS SISWA
Bagian I: “A Constant Rate Change (Selisih Konstan)”
Langkah Kegiatan :
· Periksa tabel fungsi berikut dan deskripsikan secara singkat
pola yang kalian lihat!
x
|
y
|
0
|
4
|
1
|
7
|
2
|
10
|
3
|
13
|
4
|
16
|
….
|
….
|
· Lihat ke bawah kolom nilai-y pada tabel. Jika NOW adalah nilai-y
pada baris tertentu di tabel dan NEXT adalah nilai-y pada baris dibawahnya,
tulis persamaan dengan menggunakan NEXT dan NOW yang menggambarkan pola nilai-y
pada kotak dibawah ini.
· Lihat ke sebarang kolom tabel fungsi. Tulis
persamaan dalam bentuk “y =…” untuk menunjukkan hubungan keterkaitan antara x
dan y. Tulis persamaan pada kotak dibawah ini!
· Gambarkan grafik fungsi pada tabel diatas!
· Tipe fungsi tersebut? Bagaimana
karakteristik fungsi tersebut? Berapa gradien dari grafik yang sudah
digambarkan? Apakah gradient fungsi tersebut menunjukkan selisih konstan?
· Dari bentuk rekursif yang kalian temukan “NEXT+NOW + k”
Pertimbangkan kombinasi bentuk rekursif : NEXT = r now + b
Dimana r adalah rasio dan b adalah beda
Jika r>1 dan b = 0 maka nilai pada y
memiliki rasio yang sama
Jika r = 1 dan b > 0 maka nilai pada y
memiliki beda yang sama
x
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
….
|
…
|
y
|
4
|
7
|
10
|
13
|
16
|
….
|
…
|
Suku
ke
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
….
|
n
|
· Temukan rumus mencari suku ke-n barisan y
dari bentuk eksplisit yang sudah kalian temukan dimana kita nyatakan suku ke-1
sebagai a dan selisih sebagai b. (Pada kegiatan ini kalian akan diarahkan oleh
guru kalian).
·
Barisan pada nilai y itulah yang disebut
dengan barisan aritmatika
·
Simpulkan apa itu barisan aritmatika
dengan Bahasa kalian sendiri!
Berikut video peerteaching dengan menerapkan LKPD diatas:
Referensi:
Referensi:
Hart, E. W., Kenney, M. J., DeBellis, V. A. & Rosenstein, J. G. (2008). Navigating through discrete mathematics in Grade 6-12. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc
0 komentar:
Posting Komentar