Pada kelas ini siswa
mulai diperkenalkan dalam bentuk rekursif yang lebih kompleks dibandingkan pada
kelas-kelas sebelumnya. Pada kelas sebelumnya bentuk rekursif yang di buat oleh
siswa masih berupa angka yang tidak disimbolkan misalkan 4 = 3 + 1 sedangkan
pada kelas ini siswa sudah mulai menyimbolkan suatu pola. Untuk memahaminya
perhatikanlah iterasi berikut ini:
Yang
kemudian disajikan bentuk iterasi seperti berikut :
Dari iterasi gambar tersebut siswa dapat membuat bentu
rekursif dengan cara
Sehingga,
Sehingga didapat bentuk rekursifnya
yaitu
Pada
tingkatan ini pun siswa sudah diperkenalkan pada bentuk eksplisit yaitu bentuk
yang lebih ringakas dari bentuk rekursif, perhatikan pola berikut:
Sehingga didapat bentuk eksplisit:
Jadi,
pada kegiatan ini siswa sudah mulai diperkenalkan cara menentukan pola bilangan dengan
menggunakan suatu variabel.
Referensi:
Hart, E. W., Kenney, M. J., DeBellis, V. A. & Rosenstein, J. G. (2008). Navigating
through discrete mathematics in Grade 6-12. Reston, VA: The
National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
0 komentar:
Posting Komentar