Selasa, 08 Oktober 2019

Paper tentang Pendidikan Karakter

PENDIDIKAN KARAKTER INDONESIA HARUS LEBIH DIBENAHI
1)Aisyah Turidho, 2)Devi Kumala Sari, 3)Reno Sutriono dan 4)Resti Indah Kusuma
Pendidikan Matematika
Universitas Sriwijaya

Anak bangsa merupakan generasi penerus yang dapat menjadi aset bangsa dalam memajukan negara. Maka dari itu, anak bangsa haruslah memiliki karakter yang baik. Menanamkan karakter yang baik pada anak bangsa, tak kalah pentingnya dengan membantu siswa dalam penguasaan akademik. Karakter dapat membantu pribadi anak bangsa menjadi lebih peduli pada lingkungan, mental yang berani dan percaya diri serta memiliki moral yang baik.
Namun, pada kenyataannya sering kali kita dengar kasus-kasus yang tidak seharusnya terjadi berkaitan dengan karakter anak bangsa. Salah satunya yaitu siswa SMP melempar gurunya dengan kursi hanya karena ditegur saat main HP (Detik, 2018). Selain itu, juga ada lagi kasus yang lebih memprihatinkan yaitu sesorang siswa memukul guru seni rupa hingga tewas karena sakit hati ditegur (Liputan6, 2018).
Hal tersebut menjadi tanggung jawab kita semua, khususnya guru dalam membentuk karakter bangsa agar kasus yang demikian tidak akan pernah terjadi lagi.  Maka dari itu, pada kurikulum 2013 pendidikan karakter semakin ditekankan dan menjadi tanggung jawab guru untuk melibatkan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Jadi, guru tidak sekedar mengajar saja tetapi juga mendidik karakter anak menjadi pribadi yang lebih baik.
Namun, yang sangat mirisnya terdapat beberapa kasus tidak baik yang dilakukan oleh guru. Salah satunya yaitu guru SMP di Jombang mencabuli 25 murid perempuan (Kompas, 2018). Padahal, hal tersebut tidak seharusnya terjadi apalagi dilakukan oleh seorang pendidik yang seharusnya membentuk karakter yang baik pada siswa.
Kasus-kasus yang tidak baik diatas, baik yang dilakukan oleh siswa maupun oleh guru. Harus mendapat perhatian khusus bagi pemerintah. Pendidikan karakter harus dibenahi lagi. Bukan hanya pembenahan pada siswa saja, tetapi karakter gurunya pun juga harus dibenahi. Guru dengan karakter yang baik tentunya akan berpotensi menghasilkan siswa dengan karakter yang baik pula.

Rujukan
Detik. (2018, Maret 09). Lempari Guru dengan Kursi karena Ditegur Main HP, Siswa SMP Ditangkap. https://news.detik.com/berita/d-3907303/lempari-guru-dengan-kursi-karena-ditegur-main-hp-siswa-smp-ditangkap. Diakses pada 20 Maret 2018
Kompas. (2018, 02 15). Guru SMP di Jombang Cabuli 25 Murid Perempuan. https://regional.kompas.com/read/2018/02/15/13032141/guru-smp-di-jombang-cabuli-25-murid-perempuan. Diakses pada 20 Maret 2018

Liputan6. (2018, Februari 02). Sakit Hati Ditegur, Siswa Pukul Guru Seni Rupa Hingga Tewas. https://www.liputan6.com/regional/read/3250395/sakit-hati-ditegur-siswa-pukul-guru-seni-rupa-hingga-tewas. Diakses pada 20 Maret 2018
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

My SlideShare

About Unsri

Page Viewer

Flag Counter

Flag Counter

Feedjit

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified