Pada
grade ini siswa hanya diperkenalkan sebatas iterasi saja belum sampai ke
rekusrsi. Kegiatan yang dilangkungan biasanya menampilkan pengulangan gambar
kemudian siswa melanjutkan gambar-gambar di suku berikutnya atau pun
pengulangan angka keudian siswa yang melanjutkan di suku-suku berikutnya. Kata
yang perlu ditekankan guru pada siswa agar dapat memahami iterasi apada tingkatan
ini adalah “Pengulangan” dengan mendengarkan kata tersebut siswa dapat
menentukan suku selanjutnya Karena ia tahu bahwa suku selanjutnya akan selalu
berulang.
Perhatikan
gambar dibawah ini sebagai contoh:
Suku ke-1
Suku ke-2
Suku ke-3
Suku ke-4
Suku ke-5
Maka
dengan mengetahui bahwa gamabr tersebut berulang maka siswa dapat menentukan
gambar apa yang akan muncul pada suku ke-4 dan suku ke-5. Gambar yang akan
mucul pada suku ke-4 bintang dan suku ke-5 adalah bulan sabit.
Setelah
diperkenalkan dengan gambar maka selanjutnya siswa diperkenalkan dengan iterasi
angka yang berulang.
1,
4, 3, 1, 4, 3, 1, …
Maka
dari angka berulang tersebut siswa dapat menentukan angka pada suku selanjutnya
yaitu 4, 3 ,1 dan seterusnya
Referensi:
DeBellis, V. A., Rosenstein, J. G.,
Hart, E. W. & Kenney, M. J. (2009). Navigating
through discrete mathematics in Prekindergarten – Grade 5. Reston, VA: The
National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
0 komentar:
Posting Komentar