Pada tingkatan ini siswa sudah diperkenalkan dengan barisan aritmatika dan barisan geometri serta deret aritmatika dan deret geometri. Pada materi tesebut, barisan aritmatika, barisan geometri, deret aritmatika dan deret geometri adalah bentuk iterasinya sedangkan bentuk rekursinya yaitu untuk barisan aritmatika nya yaitu:
Sedangkan barisan geometri nya yaitu:
Sebagai contoh pada aktivitas “a constant rate change”
dan “a constant multiplier”. Pada aktivitas “a constant rate change” siswa
dapat menggambarkan grafik fungsi dan menyimpulkan bahwa fungsi tersebut
merupakan fungsi linear. Kemudian menentukan bahwa selisih konstan fungsi
tersebut adalah 3 sehingga bentuk rekursifnya adalah
Selain itu, siswa diminta untuk memaparkan bentuk eksplisit fungsi yang didapatkan yaitu
Lalu, menuliskan bentuk rekursif
dari fungsi tersebut dengan r = 1 dan b = 3 dimana r merupakan rasio dan
b merupakan beda, karena r = 1 dan b>0 maka guru mengarahkan bahwa barisan
tersebut disebut barisan aritmatika karena memiliki selisih yang sama. Kemudian
dari bentuk eksplisit fungsi yang telah ditemukan siswa, guru mengarahkan untuk dapat menemukan rumus mencari suku ke-n
barisan aritmatika yaitu
Sedangkan pada aktivitas“a constant multiplier” siswa akan memeriksan
tabel fungsi dan menentukan bahwa fungsi tersebut memiliki constant multiplier yaitu 3 kemudian menentukan bentuk rekursifnya
yaitu
Kemudian siswa diminta untuk menggambarkan grafik fungsinya dan dari
gambar grafik tersebut siswa dapat menyimpulkan bahwa fungsi tersebut merupakan
fungsi eksponen sehingga siswa dapat menentukan bentu eksplisitnya yaitu
Kemudian siswa diminta untuk mengubah bentuk rekursifnya menjadi:
dengan r = 3 dan b = 0 dimana r merupakan rasio dan b merupakan beda karena r >1 dan b
= 0 maka guru mengarahkan bahwa barisan tersebut disebut barisan geometri
karena memiliki rasio yang sama. Kemudian dari bentuk eksplisit fungsi yang
telah ditemukan siswa yaitu
guru mengarahkan untuk dapat menemukan rumus
mencari suku ke-n barisan geometri yaitu
Referensi:
Hart, E. W., Kenney, M. J., DeBellis, V. A. & Rosenstein, J. G. (2008). Navigating through discrete mathematics in Grade 6-12. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc
0 komentar:
Posting Komentar